Jumat, 26 Juni 2009

Blog dan New Wave Marketing

Belakangan ini saya jadi suka baca-baca tuilsannya Pak Hermawan Kartajaya di Kompas.com tentang New Wave Marketing. Bukan tanpa alasan saya baca-baca itu, karena sejak 2 tahun lalu sebenarnya saya mulai menyukai topik-topik marketing. Saya sampai membeli buku tentang marketing, seperti bukunya Hermawan Kartajaya on Positioning-Differentiation-Brand dan Ideavirusnya Seth Godin, juga baca-baca entri blog tentang marketing. Maklum lah anak muda, apapun yang menarik langsung dipelajari, hehe.. Tapi sudah setahunan belakangan saya tidak terlalu banyak lagi belajar dan cari-cari informasi tentang dunia marketing. Sampai di beberapa minggu terakhir ini saya mulai denger istilah New Wave Marketing.
Merujuk dari The World is still Round, the Market is already Flat, Pak Hermawan Kartajaya mendeskripsikan new wave marketing sebagai dunia pemasaran dimana perusahaan sebagai pemasar berbaur dalam lingkungan yang sama dengan pelanggan alias target pasar. Dan itu bisa terjadi karena peranan teknologi informasi, khususnya Web 2.0.
Yang menarik, dunia TIK saat ini sedang heboh dengan apa yang disebut sebagai Web 2.0. Inilah generasi berikutnya dari internet yang dulunya cuma bisa memberikan informasi. Saat ini internet sudah bersifat interaktif. Era Web 2.0 ini membuat internet tidak lagi bersifat vertikal semata, tapi sudah bersifat horisontal.
Bukan cuma bersifat One-to-Many atau One-to-One, tapi sudah bersifat Many-to-Many. Karena itulah, pasar menjadi datar. Artinya, tidak ada perbedaan status antara Marketer dan Customer. Marketer dan Customer sama rata. Marketer sudah berbaur dengan Customer-nya...

Dengan demikian, hanya marketing yang bersifat horisontal yang akan efektif.
dari The World is still Round, the Market is already Flat,
Wah, seru juga setelah tahu kalo New Wave Marketing ini ternyata memanfaatkan Web 2.0. Blog adalah salah satu ‘warga’ dari Web 2.0 bukan? Artinya blog pun perannya lebih luas lagi, nggak cuma sekedar yang udah pernah kita bahas sebelumnya (buat curhat, buat personal branding, buat media pembelajaran, buat politik, buat menunjukkan kompetensi diri, buat memperluas jaringan), tapi bisa juga buat alat pemasaran!
Hmm, kira-kira gimana ya, manfaatin blog beserta keluarga Web 2.0 lainnya buat alat pemasaran ya? Nah, buat yang kepengen tahu, MarkPlus Inc., sebuah perusahaan konsultan pemasaran terkemuka yang dipimpin Pak Hermawan Kartajaya akan menyelenggarakan sebuah konferensi tahunan tentangmarketing yang bernama MarkPlus Conference 2009. Tema yang diangkat pada konferensi tahun ini adalah tentang new wave marketing, yaitu Riding The NEW WAVE: Are You Ready to Take-Off?


INTEGRATING OFF-LINE & ON-LINE COMMUNITY,
Internet telah berubah wujud, menjadi “mutan” yang sama sekali lain. Tepatnya sejak Tim O’Reilly, seorang pakar internet, “memproklamirkan” lahirnya Web 2.0 tahun 2004. Dengan perkembangan baru ini setiap orang kini bisa dengan mudah berkomunikasi, berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, berkomunitas, atau berkolaborasi satu sama lain. Kalau dulu dalam format Web 1.0, situs internet begitu “angkuh” karena statis, pasif, dan satu arah, maka kini dalam format Web 2.0 internet menjadi demikian cool , fun , dan interaktif.

RESEARCH 2.0 on SOCIAL MEDIA,
Fenomena ini menunujukkan optimisme bahwa dengan semakin berkembangnya penetrasi internet di Indonesia, pendekatan riset research 2.0 akan semakin menemukan relevansinya, sekarang tergantung bagaimana kita mengoptimalkannya. Memang tidak semua produk cocok menggunakan pendekatan research 2.0 . Produk-produk yang lebih bersifat lifestyle dan menyasar anak muda lah yang paling pas menggunakan research 2.0.
Pasar Remaja termasuk segmen yang sangat basah. Karena itu, tak heran jika saat ini banyak pemasar yang berlomba-lomba menyasar segmen ini.Temukan pengalaman para pelaku bisnis yang sukses menyasar segmen remaja di MarkPlus Conference 09.
Ayo ngeBlog!

Tidak ada komentar: