Kamis, 23 September 2010

Motivasi hobi dalam berIslam pada kehidupan



Umumnya kita pengen untung besar kalo dapetin dunia. Ngobyek kesana kemari, kerja dengan keras tanpa kenal lelah sampe gak jarang badannya pada abis. Akhirnya duit yg dikejar cm nutupin biaya berobatnya doang.

Klo soal akherat kita jarang yg mao untung besar, padahal bulan ini pahala diobral. Malah milih obralan barang2 yg cpet abis, yg kadang gunanya cm pengen diliatin orang doang wkt halal bihalal. Jangankan soal ibadah Ramadhan, status Fesbuk aja jarang yg angkat tema untuk mngingatkan manusia, temen kita ke Allah.

Wew langka memang, ada sih jamaah yg bbrp juga getol berdakwah. Pan tangan juga ntar diakherat disuruh ngomong, tar gimana kalo dignakan buat isi status yg kagak2 ?

Dan maaf tuk kemari, ngomong soal bginian itu banyak yg hatinya menolak, keinginannya nabrak, yang ada hanya dianggap angin lalu untk berjuang dlm kehidupannya ngebelain Islam, minimal kopi paste hadist, gampang kan?

Gimana skrg ngebentuk motivasi utk hobi dlm ber-Islam pd kehidupan?

Kenapa kebanyakan orang mungkin juga kita menolak ini, gak kepikiran, bahkan bisa jadi ngeliat konten dakwah sendiri alergi.

Kenapa kalo ketemuan sm orang yg alim, ia spt dianggap profesi khusus, status yang berbeda buat dirinya, ada yg berjilbab pun, berpeci pun dianggep seperti aneh, dan hati ini menanggapi dgn perbedaan takdir buat dirinya.

Kenapa diri kita seakan gak ada soul Islamnya

Kenapa diri kita kalo diajak soal keduniaan seperti misalnya masarin produk, atau ada konten aneh di internet semisal keong racun, kita kebnyakan bersedia jd partisipannya ngeshare ke 8 penjuru mata angin dgn getol malahan sampe begadang buat komen dan forum?

Karena hati kebanyakan diasepin atau dikasih masukan sama segala hal2 gak penting, diluar jalur Dzikir, diluar jalur Allah SWT.
Hati jarang ditempel dgn hal2 yg meliputi jalan Allah, pengajian, dzikir, tafakur
Durasi kehidupan kitalah yg trlalu banyak mmberi makan hati dgn segala hal ttg keduniaan

Inget Allahnya kagak, segala tautan ksana gak prioritas.

Padahal dlm konsep Islam, didunia ada dua jalur, yaitu Allah dan Setan, atau jalan k surga atau keneraka.

Ya di akhirat cm sorga atau neraka, mana ada ditengah2, jd beragama jgn serba paroan, setengah2, gampang klindas setan

krn setan tipu dayanya gila2an, dikit2 taunya hati sudah kronik karena keracunan dunia yg parah stadium tujuh

Ingat, kehidpan ni dibuat oleh Allah dan untuk Allah.

Buat apa? buat ujian kita agar berjuang dijalan-Nya, karena ibadah perlu perjuangan.

Preman ga pernah k masjid, giliran mao kemasjid dia berjuang banget, jd korban perasaaan, belom dilingkungan masjid sendiri kadang malah menyindir dia, dikomentarin seperti ditumben-tmbenin sama sbagian jamaah.

Tiap kita itu mujahid dlm hal ini, mlwati ujian hidup sbg ibadah

ibadah perlu perjuangan

cinta kpd Allah perlu pngorbanan

Yg pada ke neraka, pada getol masa kita kalah

malah ikut2an, no way

Tapi bner beratan ke surga, karena trend dunia skrng jalannya jauh lebih banyak yg ke neraka

Dlm pngorbanan ada kenikmatan, mbayangkan Allah tersenyum kpd kita, yg trseok2
memilih jalan2-Nya, keridhoan-Nya

Itulah kehidupan ini tercipta, untk berjuang dlm bribadah kpd Allah SWT.

Hidup bukan milik kita

Bkan utk dilalanin semaonya

Kelamaan dijalur setan ( klalaian, kemalasan ) menunda2 tobat, bikin hati jadi bkarat, bawaannya menolak kpd jalan2 yg menunjukkan kpd jalan Allah SWT, jd gak ada alesan bhw hidayan itu blom dateng, karena jstru dia sendiri yg mnolak hidayah.

Kita harus mengasapi hati dgn nilai iman, kemasjid, dateng taklim, baca tema islami, dengerin ceramah, hirup asap itu sedalam2nya.

karena tanpa ilmu islami, ntar jiwa ini malah cenderung menuntut pemuasan lain yaitu ke jalan setan.

Ingat seorang pembunuh 99 jiwa manusia yg berkeinginan tobat, kisah ini pun menginspirasi kita, bhw syarat tobat orang tadi ia harus mninggalkan lingkungannya yg jahiliyah

Dgn demikian ia akan terjaga dr kebiasaan lamanya, kawan2nya, dsb

ini jg bs dinamakan hijrah, dan hijrah itu pun jihad. Karena kita berjuang nyari jalannya Allah.

Bila hati yg segar dgn iman terbentuk, maka otomatis slalu ia bakalan haus akan jalan2 yg mnuju ke Allah, mengejar ibadah, demen brzikir dsb. Smoga tulisan ini dpt djadikan sbg konsep dasar gmn kita menyikapi hidup, kalo bisa semua kita berusaha jd lingungan yg islami trhpd siapapun yg kita kenal, dan bagi diri kita sendiri. Amin

Bang Jampanx

Tidak ada komentar: